banner

elektrostatis


Disusun oleh: Fatmawai (1303017)
Mahasiswa Magister Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia

A.  Segi termenarik
Dengan latar belakang bahwa elektrostatis susah diajarkan karena meteri kompleks seperti medan listrik, fluk listrik dan potensial listrik jarang digunakan. Siswa juga kurang paham dalam penggunaan persamaan yang tepat dalam mengerjakan soal. Dalam proses pembelajaran, siswa hanya pasif sehingga tidak efektif dalam pembelajaran fisika.
Elektrostatik terdiri dari Hukum Coloumb, Hukum Gauss, potensial listrik dan energi potensial yaitu tentang muatan listrik q, gaya F, medan listrik E, fluk listrik ΦE dan potensial listrik V. Tujuan dari pembelajaran mengetahui definisi dan maksud dari masing-masing konsep dan hubungannya. Pembelajaran ini dilakukan dengan memberikan pertanyaan sebagai alat pemicu pembelajaran.
Penelitian menggunakan model pembelajaran intervention yakni mencangkup demonstrasi menggunakan globe plasma dan perlengkapan yang lain. Dalam pembelajaran intervetion, 65 % pembelajaran, 10 % penilaian dan 25 b% diskusi. Untuk membantu siswa lebih memahami materi elektrostatik, peneliti menerapkan metode demonstrasi dan memberikan pertanyaan secara bersamaan. Hasilnya menunjukkan bahwa dengan tugas, demonstrasi, berfikir dan berdiskusi berpengaruh untuk menjelaskan fenomena setiap hari. Dengan demonstrai, dapat mengilustrasikan dan menjelaskan sesuatu yang abstrak dan konsep, contohnya fluk listrik dan medan listrik. Dengan pertanyaan sederhana juga dapat menjelaskan fenomena dan menemukan pemecahan masalah dari pertanyaan tersebut sehingga siswa dapat bekerja sekaligus berfikir.
Dalam penelitian ini disarankan untuk meluangkan waktu beberapa menit sebelum menutup pelajaran dengan memberikan kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pertanyaan dan guru memberikan jawaban atau saran yang baik. Dalam jurnal ini, penulis juga melampirkan pertanyaan, jawaban, dan respon siswa, juga pertanyaan dan jawaban hasil tes.
Jurnal ini menyertakan hasil performa akademik, hasil survey angket tertutup dan respon survey open ended. 40 siswa pada kelas eksperimen dan 41 siswa kelas kontrol. Dalam pengolahan data menggunakan skala Likert. Performa akademik, dimana tes dibuat untuk tujuan pedagogik, menjelaskan konsep dan menunjukkan hal-hal penting dan penggunaan rumus. Hasilnya kelas eksperimensecara signifikan lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. Hasil survey angket tertutup dengan kelas eksperimen 40 siswa secara signifikan merespon positif dibandingkan 41 siswa kelas kontrol. Hasilnya secara signifikan dalam mengolah kemampuan berfikir atau bernalar, memahami konsep lebih baik selama kemampuan matematikanya tidak jelek. Survey open ended menunjukkan 83% dari kelas eksperimen bahwa hasil tes positif, efektif, dan pembelajaran baik karena demonstrasi mengenai globe plasma dapat memperlihatkan medan listrik dan dapat merasakan keberadaan medan listrik penyebab gaya listrik.
A.   Spesifikasi makalah Integrating electrostatics with demonstration and interactive teahing dalam Majalah  American Journal of Physics, Vol:79, No:2, February 2011, hal: 226-238, yang dapat diperoleh di Perpustakaan Pusat Unpar ('PDII'), di Gedung 9 lantai 3 di kampus Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Jln Ciumbuleuit 94, Bandung.
Atau dapat diperoleh pada link http://cfile7.uf.tistory.com/attach/120142344D738E482F9A53
B.   Pertanyaan Saat hanya tabung yang disentuhkan pada plasma globe, tabung dapat menyala namun mengapa saat menyentuhkan tabung ke plasma globe bersamaan dengan tangan kiri, maka tabung tidak dapat menyala?
ü Karena saat hanya tabung yang ditempelkan ke plasma globe, tegangan antara keduanya berbeda jauh sehingga tabung dapat menyala sedangkan saat tabung bersamaan kangan disentuhkan secara bersamaan, maka yang memiliki beda tegangan tertinggi adalah tangan dengan plasma globe sehingga plasma globe menyeimbangkan beda tegangan ke tangan kiri.
C.   Hasil refleksi Pada jurnal ini peneliti ingin menyajikan pembelajaran intervention pada materi elektrostatik dengan melakukan percobaan sederhana tentang globe plasma dan pembelajaran yang interaktif. Penelitian dilakukan pada dua grup yaitu grup eksperimen dengan 40 siswa dan kelas kontrol dengan 41 siswa. Hasil menunjukkan perbedaab yang signifikan pada kedua kelas tersebut. Untuk melakukan percobaan, peneliti memberikan angket pertanyaan dan siswa memecahkan pertanyaan tersebut. Pada percobaan ini peneliti mendemonstrasikan globe plasma secara sederhana, jadi dapat lebih mudah difahami. Penelitian ini sekiranya dapat diperkenalkan pada peserta didik dan kepada umum. Sehingga yang sebelumnya hanya mengetahui teorinya saja, menjadi lebih faham dengan didemonstrasikan secara langsung. 
D.  Batas keberlakuan Jurnal ini hanya membahas mengenai materi elektrostatik tentang q, V, U, E, dan F terutama mengenai medan listrik yang dapat mempengaruhi tabung listrik disekitarnya. Dari gambar-gambar di atas, tubuh manusia dapat mempengaruhi besar kecilnya beda potensial listrik. Model pembelajaran yang seperti peneliti lakukan dapat pula diterapkan dipembelajaran kita di kelas.
E.   common good Ketika membaca jurnal ini, kami semakin sadar bahwa dalam dunia fisika, proses pendidikan kiranya tidak hanya penguasaan materi, akan tetapi demonstrati adalah hal terpenting. Suatu saat ketika kami mengajar sedapat mungkin kami akan mengajarkan materi tidak hanya sebatas teori saja melainkan dengan menghadirkan percobaan-percobaan yang dapat mendukung teori atau konsep tersebut. Kecuali demonstrasi, angket pertanyaan juga perlu diberikan ke siswa sebagai alarm pengetahuan. Misalkan dalam penyampaian materi ini, kami akan menyiapkan juga globe plasma. Kami telah mencari tahu harga barang tersebut dengan kisaran 250ribuan yang kemungkinan besar bisa diusahakan. Dengan adanya alat dan dilakukan percobaan diharapkan anak akan lebih tertarik pada sains terutama fisika.
 


Entri Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

joint now

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme
Terima kasih atas kunjugan dari para pencari ilmu sekalian, semoga apa yang kami tulis dapat berguna bagi anda.http://mediaolinefisika.com, jangan lupa komentarnya.karya WINARNO,M.Pd.Si dalam inovasi media pembelajaran