banner

DINAMIKA PARTIKEL

Di Smp anda telah mempelajari hukum-hukum Newton tentang gerak, yaitu hukum I, hukum II, hukum III Newton. Anda juga telah mengenal masing-masing hukum ini melalui contoh aplikasinya dalam keseharian. Di SMP pembahasan hukum-hukum Newton lebih diutamakan pada pem,ahaman konsep secara kualitatif. Dalam subbab ini kita akan membahas hukum I Newton dan mengaplikasikannya dalam persoalan-persoalan  dinamika sederhana.
            Dalam kehidupan sehari-hari dapat diketahui bahwa gerakan sebuah benda merupakan hasil langsung dari interaksinya dengan benda-benda di sekitarnya. Bila seorang pemain kasti memukul, dia berinteraksi dengan bola itu dan mengubah gerakannya. Lintasan peluru adalah hasil interaksinya dengan bumi. Interaksi digambarkan dengan baik dengan pendekatan gaya dan perubahan gerak suatu benda.
            Sebagai contoh lainnya bila kita memiliki sebuah balon. Balon tersebut kita tiup kemudian kita tutup lubang keluar udara dengan mengikatnya. Apabila balon tersebut  kita tekan bentuknya akan berubah. Jelas disini terlihat gaya yang bekerjapada benda dapat menyebabkan perubahan bentuk benda.
            Dapat kita lihat disini bahwa gaya yang bekerja pada sebuah benda dapat menyebabkan : benda mengalami perubahan kecepatan, bentuk ataupun ukurannya, dan perubahan arah geraknya.
            Issac Newton (1642-1727) lahir di Woolstrope, Inggris pada tahun 1642. Tahun ini merupakan tahun kematian ilmuwan besar italia, Galileo Galilei. Sejak kecil Newton selalu mencari tahu sebab kejadian ini. Berawal dari mengapa apel jatuh kebawah bukannya keatas? Hal ini ternyata dikarenakan massa apel lebih kecil dari massa bumi sehingga antara keduanya ada gaya tarik yang menuju kearah massa yang lebih besar yang di pengaruhi gaya gravitasi bumi. Penemuan Newton yang lain adalah konsep gerak, yang kemudian lebih dikenal hukum I, II, III Newton.
            Hukum Newton I menyatakan : Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol, benda yang mula-mula diam akan terus diam, sedangkan benda yang mula-mula bergerak akan terus bergerak dengan kecepatan tetap. Secara matematis hukum I Newton dapat dirumuskan dengan persamaan :
∑F = 0 untuk benda diam atau
                Benda bergerak lurus beraturan              

            Hukum I Newton mengungkap tentang sifat benda yang cenderung mempertahankan keadaannya atau dengan kata lain sifat kemalasan suatu benda untuk mengubah kedudukannya. Sifat ini disebut kelembaman atau inersia. Oleh karena itu, hukum I Newton disebut juga hukum kelembaman.

Entri Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

joint now

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme
Terima kasih atas kunjugan dari para pencari ilmu sekalian, semoga apa yang kami tulis dapat berguna bagi anda.http://mediaolinefisika.com, jangan lupa komentarnya.karya WINARNO,M.Pd.Si dalam inovasi media pembelajaran