banner

Penerapan Konduksi dalam kehidupan sehari-hari


Mengapa ubin terasa lebih sejuk daripada karpet ?
Ubin memiliki konduktivitas termal yang lebih besar daripada karpet. Karenanya ubin merupakan penghantar kalor yang bagus, sedangkan karpet merupakan pernghantar kalor yang buruk. Ketika kita menginjak karpet, kalor mengalir dari kaki menuju karpet. Hal ini terjadi karena suhu tubuh kita lebih tinggi dari suhu karpet. Karena karpet merupakan penghantar kalor yang buruk maka kalor atau panas yang mengalir dari kaki menumpuk di permukaan karpet. Akibatnya permukaan karpet menjadi lebih hangat. Kaki pun ikut terasa hangat.
Ketika kita menginjak ubin atau keramik, kalor mengalir dari kaki menuju si ubin atau keramik. Karena ubin merupakan penghantar kalor yang baik maka kalor atau panas yang mengalir dari kaki tidak tertahan di permukaan ubin. Kalor mengalir dengan lancar sehingga kaki terasa dingin.
Jika rumah di daerah dingin, sebaiknya alasi lantai kamar dengan karpet supaya kaki tidak kedinginan. Sebaliknya, jika rumah ada di daerah panas, sebaiknya jangan alasi lantai kamar dengan karpet. Bukan kesejukan yang dirasakan, tapi akan membuat kepanasan
Ada orang yang bilang, kalau tidur di atas ubin (tanpa alas), kita bisa sakit. Sebenarnya hal itu disebabkan karena banyak kalor atau panas dari tubuh yang mengalir menuju ubin. Ketika tubuh kehilangan banyak kalor, maka energi dalam tubuhmu berkurang. Ini yang membuat badan cepat sakit.
Fungsi jendela dan pintu apa sich ?
 Pada malam hari, suhu udara di luar rumah lebih rendah daripada suhu udara dalam rumah. Adanya perbedaan suhu udara ini bisa menyebabkan kalor terbuang keluar rumah. Karenanya, biasanya pada malam hari kita menutup pintu atau jendela. Selain bertujuan menghalau1) maling yang mau menggarap2) harta kekayaan pemilik rumah, salah satu fungsi jendela atau pintu adalah menahan kalor agar tidak  keluar dari dalam rumah. Biasanya pintu atau jendela terbuat dari kayu. Konduktivitas termal kayu cukup kecil sehingga bisa berperan sebagai isolator. Fungsi lain dari jendela atau pintu adalah menahan udara. Udara yang terperangkap pada sisi dalam jendela atau pintu berfungsi sebagai isolator yang baik (penghambat kalor yang mau keluar). Untuk lebih paham, perhatikan tabel di atas. Konduktivitas termal udara sangat kecil. Semakin kecil konduktivitas termal suatu benda, semakin sulit si kalor berpindah melalui benda tersebut.
Pada malam hari yang dingin sebaiknya jangan membuka pintu atau jendela kamar. Ingat, tanpa diperintah kalor dengan sendirinya  akan pergi dari benda (atau tempat) yang bersuhu tinggi menuju benda (atau tempat) yang bersuhu rendah. Jika pintu rumah tidak ditutup, kalor akan mengalir seenaknya menuju luar rumah yang memiliki suhu yang lebih rendah. Semakin banyak kalor yang keluar dari dalam rumah atau kamar, suhu udara dalam kamar menjadi rendah. Karena terdapat perbedaan suhu antara udara dalam kamar dengan tubuh, maka kalor akan kabur dari dalam tubuh menuju udara. Semakin banyak kalor yang pergi, semakin banyak energi yang terbuang percuma. Jika tubuh kekurangan energy maka tubuh akan sakid kecuali jika kita memakai jaket.
Fungsi pakaian tu apa sich ?
Selain mempertahankan status kita sebagai manusia normal, pakaian juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Pakaian yang digunakan biasanya disesuaikan dengan suhu udara. Ketika suhu udara cukup rendah, pakaian yang  digunakan lebih tebal. Selimut atau pakaian yang tebal jaket atau selimut membuat udara tidak bisa bergerak dengan lancar. Udara terperangkap di antara kulit dan jaket atau selimut. Karena terdapat perbedaan suhu antara tubuh kita dan udara yang terperangkap, maka kalor mengalir dari tubuh menuju udara tersebut. Karena mendapat sumbangan kalor dari tubuh, suhu udara yang terperangkap meningkat (udara menjadi lebih hangat). Perhatikan tabel konduktivitas termal di atas. Nilai konduktivitas termal (kemampuan menghantar kalor) udara sangat kecil. Karenanya, kalor tidak bisa keluar dari tubuh. Suhu tubuh pun tetap terjaga. Apabila kita tidak menggunakan jaket pada saat udara cukup dingin, kalor bisa seenaknya pergi dari tubuh. Semakin banyak kalor yang kabur maka tubuh bisa kehilangan banyak energi.
Mengapa kebanyakan orang yang mengendarai sepeda motor biasanya menggunakan jaket ?
Tujuannya cuma satu : mencegah agar kalor tidak keluar dari dalam tubuh. Ketika kita mengendarai sepeda motor, tubuh kita bergerak. Udara juga ikut bergerak (udara yang bergerak = angin). Adanya angin membuat udara yang panas digantikan oleh udara yang lebih dingin. Akibatnya akan ada perbedaan suhu antara tubuh (suhu lebih tinggi) dengan udara (suhu lebih rendah). Jika kita tidak menggunakan jaket, maka kalor dengan seenaknya kabur dari tubuh
Konduktivitas termal (K) : Sifat suatu zat yang mengalami perpindahan panas k tinggi >>>> perpindahan panas tinggi
Mekanisme perpindahan panas konveksi dan radiasi tidak dibahas


Entri Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

joint now

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme
Terima kasih atas kunjugan dari para pencari ilmu sekalian, semoga apa yang kami tulis dapat berguna bagi anda.http://mediaolinefisika.com, jangan lupa komentarnya.karya WINARNO,M.Pd.Si dalam inovasi media pembelajaran