banner

DESTILASI OBAT TETES MATA HERBAL DAUN SIRIH

SAKIT MATA

Sakit mata adalah segala penyakit atau gangguan pada mata yang membuat mata menjadi terasa sakit. Walaupun bukan tergolong kedalam jenis penyakit yang mematikan, namun tetap saja, sakit mata ini dapat menganggu aktivitas kita sehari-hari. Selain itu, sakit mata juga dapat menyebabkan menurunnya rasa percaya diri, karena saat kita mengalaminya, biasanya mata kita akan memerah, bengkak dan belekan. 
Selama ini, sakit mata dipercaya diyakini dapat menular melalui suatu kontak, baik secara langsung mapun sebaliknya. Namun tahukah kamu, ternyata sakit mata itu ada beberapa jenis juga penyebabnya, dan tidak semua sakit mata itu menular. (souce: http://ruangsehatku.blogspot.com/2014/09/mengobati-sakit-mata-merah-belekan.html)

DAUN SIRIH
Sirih adalah merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain[1]. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Juga kapurnya mebuat pengerutan gusi (periodentitis) yang dapat membuat gigi tanggal, walaupun daun sirihnya yang mengandung antiseptik mencegah gigi berlubang.[2]
Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka); sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu.
Di Indonesia, sirih merupakan flora khas provinsi Kepulauan Riau. Masyarakat Kepulauan Riau sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih khususnya saat upacara penyambutan tamu dan menggunakan sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit. Walaupun demikian tanaman sirih banyak dijumpai di seluruh Indonesia, dimanfaatkan atau hanya sebagai tanaman hias. (source: https://id.wikipedia.org/wiki/Sirih)

DESTILASI
Destilasi  adalah cara pemisahan zat cair dari campurannya berdasarkan perbedaan  titik didih atau berdasarkan kemapuan zat untuk menguap. Dimana zat cair dipanaskan hingga titik didihnya, serta mengalirkan uap ke dalam alat pendingin (kondensor) dan mengumpulkan hasil pengembunan sebagai zat cair. Pada kondensor digunakan air yang mengalir sebagai pendingin. Air pada kondensor dialirkan dari bawah ke atas, hal ini bertujuan supaya air tersebut dapat mengisi seluruh bagian pada kondensor sehingga akan dihasilkan proses pendinginan yang sempurna. Saat suhu dipanaskan, cairan yang titik didihnya lebih rendah akan menguap terlebih dahulu. Uap ini akan dialirkan dan kemudian didinginkan sehingga kembali menjadi cairan yang ditampung pada wadah terpisah. Zat yang titik didihnya lebih tinggi masih tertinggal pada wadah semula. Prinsip dari destilasi adalah penguapan dan pengembunan kembali uapnya dari tekanan dan suhu tertentu. Tujuan dari destilasi adalah pemurnian zat cair pada titik didihnya dan memisahkan cairan dari zat padat. Uap yang dikeluarkan dari campuran disebut sebagai uap bebas. Kondensat yang jatuh sebagai destilat dan bagian cair yang tidak menguap sebagai residu. Apabila yang diinginkan adalah bagian bagian campurannya yang tidak teruapkan dan bukan destilatnya maka proses tersebut dinamakan pengentalan dengan evaporasi. Destilasi adalah sebuah aplikasi yang mengikuti prinsip-prinsip ”Jika suatu zat dalam larutan tidak sama-sama menguap, maka uap larutan akan mempunyai komponen yang berbeda dengan larutanaslinya”. Jika salah satu zat menguap dan yang lain tidak, pemisahan dapat terjadi sempurna. Tetapi jika kedua zat menguap tetapi tidak sama, maka pemisahnya hanya akan terjadi sebagian, akan tetapi destilat atau produk akan menjadi kaya pada suatu komponen dari pada larutan aslinya. (source:http://gustireza2906.blogspot.com/2013/10/pengertian-destilasi-dan-macam-macam.html)

PEMBUATAN OBAT TETES MATA DAUN SIRIH DENGAN DESTILASI SEDERHANA
mungkin dari kita mengenal pengobatan tradisional sakit mata dengan cara membasuh dengan  merebusan daun sirih. dimana seluruh muka kita akan tercelup ke dalam rebusan air daun sirih tersebut. sebagai cara alternatif yang sangat sederhana bisa dikembangkan adalah "destilasi sederhana dengan barang sederhana".
Adapun peralatan yang digunakan adalah:
  1. toples Kue yang tertutup rapat
  2. pipa besi
  3. lem perekat
  4. Kompor/pemanas
  5. gelas/piring
  6. kain basah
  7. air
  8. daun sirih
CARA PEMBUATAN
  1. Dipersiapkan kaleng kue yang bersih kemudian beri lubang dengan ukuran pipa besi yang disiapkan
  2. Dimasukkan pipa besi ke dalam lubang toples kaleng tersebut
  3. Di rekatkan besi pada kaleng kue dengan lem supaya tertutup


Proses Pemanasan:
  1. disiapkan daun sirih secukupnya kedalam toples kue tersebut(alat destilator sederhana)
  2. Di campurkan air secukupnya
  3. Ditutup toples tersebut dan lakukan pemanasan dengan kompor
  4. diletakkan Gelas/piring di ujung pipa besi untuk menampung hasil destilasi
  5. untuk pendingin, gunakan kain basah dan tempatkan diatas pipa besi tersebut
  6. biarkan sampai terbentuk uap dan akan mengalirkan tetesan destilasi ke dalam gelas
  7. Ambil tetesan destilasi daun sirih secukupnya
  8. tunggu sampai air destilasi dingin, kemudian masukkan kedalam bekas botol tetes mata
  9. teteskan air sirih hasil dari destilasi sederhana.
  10. selamat mencoba
TEMUAN-TEMUAN
  1. Air dan Daun Sirih yang dipanaskan akan mendidih kemudian akan menguap, karena tertutup rapat maka uap akan mengalir ke pipa kondensat
  2. akan terbentuk tetes air destilasi yang ditampung dalam gelas/piring
  3. Pipa yang tidak menggunakan pendingin(kain basah) menghasilkan air destilasi yang sedikit
  4. pipa yang dilapisi kain basah mendapatkan air destilasi yang jauh lebih banyak
HASIL DARI PERCOBAAN SEDERHANA
  1. air destilasi berwarna kehijauan
  2. Obat tetes Daun sirih terbukti menghilangkan sedikit rasa nyeri pada mata merah 
berikut merupakan vidio pembuatan obat sakit mata denga daun sirih
(mohon maaf jika ada kalimat titrasi, kata yang dimaksudkan adalah DESTILASI)
BEBERAPA PERTANYAN YANG BELUM DI PAHAMI:
  1. berapakah Komposisi air dan Daun sirih yang tepat?
  2. Suhu berapakan yang baik digunakan untuk memanaskan?
  3. berapa lama pemanasan yang baik?
  4. Apakah kandungan pada air destilasi daun sirih?
  5. berapa efisien alat yang dibuat sederhana ini?
SARAN KEPADA PEMBACA
  1. LAKUKAN PERBAIKAN ALAT SEDERHANA INI
  2. LAKUKAN UJI LABORATORIUM
  3. JIKA TERJADI KERUSAKAN PADA MATA AKIBAT DARI CARA INI KAMI TIDAK BERTANGGUNG JAWAB

Entri Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

joint now

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme
Terima kasih atas kunjugan dari para pencari ilmu sekalian, semoga apa yang kami tulis dapat berguna bagi anda.http://mediaolinefisika.com, jangan lupa komentarnya.karya WINARNO,M.Pd.Si dalam inovasi media pembelajaran