banner

Dulong, Pierre Louis (1785-1838)


Dulong dilahirkan di Rouen , Perancis . Dia bekerja pada kapasitas panas spesifik dan perluasan dan indeks bias gas. Seorang anak tunggal, ia menjadi yatim piatu pada usia 4, ia dibesarkan oleh bibi di atas Auxerre . Ia mendapat pendidikan menengah di Auxerre dan Rouen sebelum masuk École Polytechnique , Paris pada tahun 1801. Dia mulai belajar kedokteran, tetapi memberikan ini sampai dengan berkonsentrasi pada ilmu pengetahuan, bekerja di bawah arahan Thenard . Dulong berhasil Alexis Petit Thérèse sebagai profesor fisika, 1820-1829, kemudian directeur des etudes sampai kematiannya.
Dalam kimia, ia memberikan kontribusi untuk pengetahuan tentang:
penguraian ganda garam (1811), asam nitrat (1815), dengan oksida dari fosfor (1816), oksida dari nitrogen, dan katalisis oleh logam (1823, dengan Thenard)
Dulong juga menemukan berbahaya sensitif triklorida nitrogen pada tahun 1812, kehilangan dua jari dan mata dalam proses. Pada tahun 1819 Dulong berkolaborasi dengan Petit untuk menunjukkan bahwa panas massa kapasitas logam unsur yang berbanding terbalik dengan mereka massa atom , ini yang sekarang dikenal sebagai hukum-Petit Dulong . Dulong juga bekerja pada elastisitas uap, pada pengukuran suhu, dan pada perilaku cairan elastis. Dia membuat perbandingan yang tepat pertama dari skala merkuri dan udara-suhuPada saat kematiannya, dia bekerja pada pengembangan metode yang tepat dalam kalorimetri .
Pada tahun 1830, ia terpilih sebagai anggota asing dari Royal Swedish Academy of Sciences . Dia meninggal di Paris dan ia adalah salah satu nama dari 72 ilmuwan tertulis di Menara Eiffel .

Entri Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

joint now

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme
Terima kasih atas kunjugan dari para pencari ilmu sekalian, semoga apa yang kami tulis dapat berguna bagi anda.http://mediaolinefisika.com, jangan lupa komentarnya.karya WINARNO,M.Pd.Si dalam inovasi media pembelajaran