banner

cara mengamati medan magnet


Disusun oleh: Fatmawati (1303017)
Mahasiswa Magister Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia
                                                                                                                      
A.        Segi termenarik yang ditemukan dalam suatu jurnal


Pada jurnal ini dibahas mengenai cara mengamati medan magnet disekitar superkonduktor dengan mata secara langsung, dalam dunia fisika (ilmiah) superkonduktor sudah tidak asing lagi. Akan tetapi untuk para khalayak umum hal ini belum begitu dikenal. Superkonduktor merupakan bahan yang mempunyai nilai resistansi nol pada suhu kritis. Jurnal ini menjelaskan metode baru demonstrasi tentang superkonduktivitas. Demonstrasi memungkinkan khalayak umum untuk mengamati efek superkonduktivitas secara langsung, sehingga dapat memahaminya lebih mendalam. Superkonduktor GdBaCuO suhu tinggi dari 60 mm dan 10 mm  tinggi, sebuah NdFeB magnet disinter kubik dengan panjang tepi 100 mm, dan kabel besi dilapisi oleh vinyl berwarna digunakan untuk memvisualisasikan garis-garis medan magnet di sekitar superkonduktor, ketika ditaruh dalam medan magnet.
 Pada gambar ini ditunjukan bahwa magnet melayang diatas superkonduktor yang telah didinginkan oleh nitrogen cair, dengan kata lain terjadi tolakan antara kedua benda tersebut, inilah yang dinamakan efek Meissner, dalam superkonduktor arus yang dihasilkan tepat berlawanan dengan medan tersebut sehingga medan tersebut tidak dapat menembus material superkonduktor tersebut. Hal ini akan menyebabkan magnet tersebut ditolak. distribusi medan magnet di HTS (superkonduktor) akan menjadi kisi pusaran, Ini adalah efek pinning. Arus di sekitar pusaran dikelilingi oleh medan magnet eksternal untuk menjaga pusaran, maka magnet akan tetap melayang diatas superkonduktor dengan posisi tetap. Namun bagaimana kita menjelaskan medan magnet yang terbentuk oleh fenomena diatas?. Penulis mengembangkan sebuah pengamatan yang sangat sederhana dari garis-garis medan magnet dengan mata secara langsung.

Pada gambar diAtas ditunjukan bahwa medan magnet pada kondisi superkonduktor normal medan magnetnya menyebar menyeluruh.
Sedangkan pada gambar disamping medan magnet tidak menembus superkonduktor melainkan disimpangkan. Selain kedua fenomena diatas juga dibahas beberapa keadaan tertentu. Namun dalam pemakaiannya medan magnet yang dihasilkan oleh magnet juga tidak boleh terlalu besar. Apabila medan magnetnya terlalu besar, maka efek Meissner ini akan hilang dan material akan kehilangan sifat superkonduktivitasnya.


B.    Spesifikasi makalah
Observation of Magnetic Field Lines in the Vicinity of a Superconductor with the Naked Eye dalam Majalah  Europen Journal of Physics, Vol:31, No:1, January 2010, hal: 229-238, yang dapat diperoleh di Perpustakaan Pusat Unpar ('PDII'), di Gedung 9 lantai 3 di kampus Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) Jln Ciumbuleuit 94, Bandung.
C.    Pertanyaan & dugaan jawaban Apakah mungkin dapat dibuat superkonduktor pada suhu ruang?
ü Mungkin saja, dengan pengembangan hasil penemuan sebelumnya mungkin dapat dibuat superkonduktor yang dapat bekerja pada suhu ruang. Dengan demikian akan sangat membantu sekali dalam hal industri dan kemajuan teknologi. Misalkan pada mode transportasi dengan menggunakan kereta maglev. Ataupun dalam distribusi arus listrik, karena pada konduktor tidak terdapat hambatan maka akan lebih distribusi arus akan sangat efektif.
D.   Hasil refleksi tentang pemanfaatan materi Pada jurnal ini peneliti ingin menyajikan percobaan sederhana tentang efek meissner dan efek pinning pada superkonduktor GdBaCuO dan magnet NdFeB. Pada percobaan ini peneliti mendemonstrasikan kedua efek tersebut secara sederhana, jadi dapat lebih mudah difahami. Penelitian ini sekiranya dapat diperkenalkan pada peserta didik dan kepada umum. Sehingga yang sebelumnya hanya mengetahui teorinya saja, menjadi lebih faham dengan didemonstrasikan secara langsung. Percobaan seperti ini sangat cocok diterapkan dalam percobaan-percobaan sains baik dimuseum-museum sains maupun di laboratorium pendidikan. Hal ini sangat bermafaat ketika kita mengetahui dengan jelas sehingga dapat membuat kita lebih tertarik dalam dunia sains.  
E.    Hasil refleksi tentang batas-batas keberlakuan materi tersebut. Sebenarnya penelitian ini sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan. Namun di Indonesia dengan keterbatasan yang ada baik secara fasilitas maupun pendanaan dirasakan sangat sulit untuk menghadirkan hal semacam ini dalam lingkup pendidikan. Sehingga peserta didik hanya mendapatkan sebatas teori saja. Sejauh ini pengembangan superkonduktor juga dirasakan sangat kurang, padahal apabila hal ini dapat terwujud akan didapatkan manfaat yang luar biasa bahkan diluar dari dunia sains.
F.     Satu niat kecil konkret dengan materi itu, common good, terlebih bagi pihak-pihak yang lebih lemah Ketika membaca jurnal ini, kami semakin sadar bahwa dalam proses pendidikan kiranya tidak hanya penguasaan materi, akan tetapi pemahaman dan pendalaman suatu materi sangat dibutuhkan. Suatu saat ketika kami mengajar sedapat mungkin kami akan mengajarkan materi tidak hanya sebatas teori saja melainkan dengan menghadirkan percobaan-percobaan yang dapat mendukung teori tersebut. paling tidak dengan simulasi sederhana. Misalkan dalam penyampaian materi ini, minimal kami akan menghadirkan video yang dapat memperjelas materi tersebut. Kami rasa dengan demikian pemahaman yang didapat lebih menyeluruh dan mendalam sehingga anak akan lebih tertarik pada sains.

Entri Populer

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

joint now

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme
Terima kasih atas kunjugan dari para pencari ilmu sekalian, semoga apa yang kami tulis dapat berguna bagi anda.http://mediaolinefisika.com, jangan lupa komentarnya.karya WINARNO,M.Pd.Si dalam inovasi media pembelajaran